Seragam Penerbangan, Atribut Wajib Para Awak Penerbangan

Saat bepergian menggunakan pesawat terbang, anda pasti melihat sosok perempuan tinggi, cantik dan ramah yang tugasnya melayani kebutuhan anda selama duduk di pesawat terbang. Ya, perempuan itu adalah seorang pramugari. Pramugari identik dengan wajah yang cantik, senyum yang ramah dan tampilan yang menarik. Seragam penerbangan adalah salah satu atribut pramugari. Seragam penerbangan mempercantik penampilan pramugari saat melaksanakan tugasnya melayani kebutuhan penumpang pesawat terbang. Setiap maskapai di Indonesia memiliki ciri khas yang berbeda-beda, khususnya dalam hal seragam awak pesawat. Seragam pramugari yang bekerja di maskapai Garuda Indonesia tentunya berbeda dengan seragam pramugari yang bekerja di Lion Air. Sejak tahun 1970, seragam pramugari Garuda Indonesia selalu mengangkat tema kebaya dan batik. Seragam Garuda terdiri dari empat warna, biru, oranye, toska dan ungu. Seragam ini juga dipercantik dengan bros yang disematkan diantara kerah seragam. Lalu bagaimana dengan seragam Lion air? Simak ulasannya berikut ini.

Cheongsam, Seragam Khas Pramugari Lion Air

Sejak tahun 2000, Pramugari Lion Air selalu menggunakan seragam model Cheongsam. Seragam Cheongsam adalah kombinasi gaya pakaian khas China, yaitu dress panjang yang memiliki belahan di sepanjang kaki untuk mempermudah pergerakan sang pramugari. Tinggi belahan disesuaikan dengan ukuran badan pramugari dan ditentukan saat fitting baju. Model pakaian Cheongsam dipilih karena dianggap sebagai model pakaian yang tidak ketinggalan zaman. Maskapai Lion Air yang memilihkan model pakaian Cheongsam untuk pramugarinya. Perusahaan memilihkan model ini tanpa campur tangan perancang busana manapun. Model pakaian Cheongsam dipadukan dengan warna merah dan corak batik. Warna merah menunjukkan logo khas Lion Air dan corak batik menunjukkan khas Indonesia.

Seragam penerbangan memang merupakan salah satu atribut penting seorang awak pesawat seperti pramugari. Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan saat menjadi seorang pramugari. Selain tampil cantik, menarik dan ramah, seorang pramugari suatu maskapai harus sehat dan kuat. Maskapai Qantas menjadikan syarat sehat dan kuat sebagai syarat utama menjadi pramugari di pesawatnya. Calon pramugari pesawat Qantas diberi pelatihan seperti berenang dengan seragam lengkap sejauh 50m. Seorang pramugari harus sehat dan kuat, karena pramugari akan menempuh perjalanan yang jauh. Syarat lain adalah, seorang pramugari harus memiliki bau mulut yang segar dan wangi, karena mereka akan berbicara dengan penumpang. Seorang pramugari juga tidak boleh menggunakan kacamata dan tidak boleh gampang panik.

Leave a Comment